Analisis Strategi Gastrodiplomasi Korea Selatan dari Segi Peningkatan Kunjungan Wisatawan Asing di Korea Selatan (2014-2019)
DOI:
https://doi.org/10.29303/ijgd.v3i1.30Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Korea Selatan dalam mendukung kepentingan nasional negara-nya yaitu dalam hal meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Korea Selatan melalui konsep gastrodiplomacy dan soft power. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan dokumentasi melalui jurnal, dokumen resmi yang diperoleh melalui situs-situs resmi dari organisasi ataupun situs resmi pemerintahan, serta artikel dari portal berita internasional. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis menurut Miles & Huberman dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa makanan dapat menjadi media diplomasi publik yang mampu membantu pencapaian kepentingan nasional Korea Selatan yaitu meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Korea Selatan. Berdasarkan data kunjungan wisatawan asing ke Korea Selatan mengalami kenaikan tiap tahunnya. Motivasi untuk berkunjung ke Korea pun 32,3 persen jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kunjungan bisnis senilai 15,2 persen, belajar bahasa Korea senilai 9,1 persen, dan mengunjungi lokasi drama Korea senilai 5,6 persen.