Strategi Gastrodiplomasi Thailand dalam Sektor Pariwisata untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Studi Kasus Gastrodiplomasi Thailand di Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.29303/ijgd.v4i1.46Kata Kunci:
Gastrodiplomacy, Food and Diplomacy, Social Culture, ThailandAbstrak
Potensi kuliner sebagai bagian dari budaya setiap negara, jika dikelola secara serius dengan benar dapat memberikan kontribusi terhadap beberapa sektor suatu negara. Di sisi lain, pemanfaatan kuliner pun merupakan bagian dari nation branding. Strategi ini lah yang dilakukan oleh Thailand untuk membentuk citra positif negaranya. Implementasi dari pelaksanaan pemanfaatan potensi kuliner ini disebut gastrodiplomasi atau diplomasi kuliner. Adapun tujuan penelitian ini ada dua yaitu: untuk mengetahui bagaimana program gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Thailand, serta mengetahui strategi gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Thailand untuk meningkatkan kedatangan wisatawan asing. Selanjutnya secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberi wawasan bagi pembaca maupun penulis mengenai bagaimana strategi yang dilakukan Thailand dalam menjalankan diplomasi kulinernya atau gastrodiplomasi yang berkaitan dengan pariwisata dalam meningkatkan kedatangan wisatawan asing.